Cara Membuat Busana Sederhana

Cara Membuat Busana Sederhana - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang TUTORIAL MEMBUAT KERAJINAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Cara Membuat Busana Sederhana, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kerajinan, Artikel Prakarya, Artikel Tutorial, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Busana Sederhana
link : Cara Membuat Busana Sederhana

Baca juga


Cara Membuat Busana Sederhana

Cara Membuat Busana Sederhana - Kali ini saya akan membagikan kalian cara membuat celana santai. Praktik dilakukan dengan mengikuti petunjuk pengerjaan yang sudah saya sediakan. Kalian dapat membuatnya secara individu ataupun secara kelompok. Dalam melakukan praktik ini kalian harus membuatnya dengan sebaik mungkin supaya skill kalian terasah dengan baik.


1. Persiapan

Persiapkan bahan dan alat untuk melakukan praktik. Siapkan juga tempat kerjanya. Rapikan tempat kerja dari barang-barang yang kemungkinan dapat mengganggu praktik pembuatan busana ini.

Bahan:

  • Kain dengan ukuran kurang 1,5 m atau lebih (bergantung dari lebar kain dan ukuran celana yang akan dibuat)
  • Benang jahit
  • Karet (untuk bagian pinggang)
  • Hiasan tambahan (bila diperlukan) 
Alat:
  • Celana yang akan dijadikan sebagai pola
  • Kapur kain/pinsil/balpoin
  • Gunting kain
  • Jarum pentul dan jarum jahit atau mesin jahit

2.  Praktek Pembuatan Busana Celana Santai Langkah kerja:

1. Lipat kain menjadi 2 bidang bertumpuk, dengan bagian dalam kain di luar. Lalu gambarkan pola pada kain dengan menggunakan kapur/pinsil atau balpoin (pada garis hijau). Untuk busana sederhana dapat digunakan pakaian yang sudah jadi sebagai pola atau patokan.

2. Pemotongan kain sesuai garis pola

3. Lipat kain yang tersisa menjadi 2 bidang bertumpuk seperti pada langkah kerja 1, lalu letakkan potongan bahan yang sudah dipotong di atasnya. Pastikan sisi yang terlipat ada pada posisi yang sama.

4. Potong kain, mengikuti potongan yang sebelumnya. Kamu akan mendapatkan 2 bagian yang sama. Pasang jarum pentul pada sepanjang garis kuning, lalu jahit.

5. Kalian akan mendapatkan dua buah tabung celana. Balik kedua tabung celana dan sambungkan dengan jarum pentul.

6. Jahit sambungan yang sudah diberi jarum pentul. Jangan lupa melepaskan jarum pentul setelah selesai menjahit.

7. Untuk tempat karet, lipat bagian pinggang sekitar 3 cm atau sesuai dengan ukuran karet yang akan digunakan, lalu jahit seluruh tepinya. Jangan lupa sisakan sedikit lubang untuk memasukan karet.

8. Ukur karet sesuai ukuran pinggangmu, lebihkan sekitar 6-10 cm untuk memudahkan pengerjaan berikutnya. Masukan karet pada tempatnya dengan bantuan peniti. Lalu ikat atau jahit ujungnya sesuai ukuran lingkar pinggang. 

9. Celana santai siap digunakan! 

Apakah hasil telah sesuai dengan yang dibayangkan atau diharapkan? Jika hasil sesuai dengan yang diharapkan, kemukakan faktor-faktor apa saja yang menurutmu menyebabkan hal tersebut. Apabila hasilnya di luar dugaan, jelaskan perbedaan antara hasil dengan yang kamu bayangkan serta kemukakan faktor-faktor apa saja yang menurutmu menyebabkan hal tersebut. Tuliskan hasilnya dengan bahasa yang baik dan benar pada buku tugas atau di kolom komentar dibawah ini.



Demikianlah Artikel Cara Membuat Busana Sederhana

Sekianlah artikel Cara Membuat Busana Sederhana kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: